Terjemahan Kitab Safinatun-Najah (Bab AIR)

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Kalau pada sebelumnya saya sudah membagikan artikel dan terjemahan pasal 7 kitab safinatun najah yaitu tentang niat dan tertib, maka di artikel kali ini saya akan membagikan artikel  dan terjemahan kitab safinatun najah pasal 8 yaitu tentang "AIR".

Baiklah langsung saja kita ke inti dari artikel ini, selamat membaca sahabat blogger.









Terjemahan Kitab Safinatun-Najah (Bab AIR)

                                                      ۞ Air ۞

(فَصْلٌ) : اَلْمَاءُ قَلِيْلٌ وَكَثِيْر ٌ ،  اَلْقَلِيْلُ مَادُوْنَ الْقُلَّتَيْنِ ، وَالْكَثِيْرُ قُلَّتَانِ فَأَكْثَرَ.
اَلْقَلِيْلُ يَتَنَجَّسُ بِوُقُوْعِ النَّجَاسَةِ فِيْهِ وَ اِنْ لَمْ يَتَغَيَّرْ وَالْمَاءُالْكَثِيْرُ لَايَتَنَجَّسُ اِلَّا اِذَا تَغَيَّرَ طَعْمُهُ اَوْلَوْنُهُ اَوْرِيْحُهُ.



(Fashlun) : Almaa'u Qoliilun Wa Katsiirun. Al-Qoliilu Maa Duunal Qullataini , Walkatsiiru Qullataani Fa Aktsara. Al-Qoliilu Yatanajjasu Biwuquu'i An-Najaasati Fiihi Wa In Lam Yataghoyyar Walmaa'u Al-Katsiiru Laa Yatanajjasu Illa Idza Taghoyyara Tho'muhu Aw Lawnuhu Aw Riihuhu.


Terjemahan

Air terbagi dalam dua macam :
1. Air sedikit
2. Air banyak

Air sedikit yaitu air yang belum mencapai 2 kullah. Air banyak yaitu air yang sudah mencapai dua kullah (60 cm X 60 cm X 60 cm) atau setara dengan 245 liter.

Air sedikit itu bisa najis sebab kejatuhan najis, sekalipun tidak berubah rasa , warna , dan baunya. Air banyak itu tidak bisa najis kecuali apabila rasa , warna , dan baunya berubah.


Penjelasan

2 Kullah bila diukur dengan liter yaitu 245 liter kurang lebih , bila diukur wadahnya yaitu 60 cm X 60 cm x 60 cm . Air yang kurang dari 2 kullah menjadi musta'mal bila terciprat air bekas bersuci yaitu bila terciprat air basuhan yang pertama karena basuhan yang pertamalah yang wajib. Adapun bila air itu kurang dari 2 kullah maka lebih baik diambil dengan gayung, jangan dimasukkan dengan tangan (dikobok) .

Wallahua'lam Bisshowab.

Demikian artikel pasal 8 yaitu tentang terjemahan kitab safinatunnajah bab air .
Mudah-mudahan anda dapat memahaminya.


Wassalaamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

December 11, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Terjemahan Kitab Safinatun-Najah (Bab AIR).